8 Tips Renovasi Rumah Hemat Biaya

8 Tips Renovasi Rumah Hemat Biaya

Renovasi rumah terkadang kita lakukan sebagai upaya perbaikan dan perawatan terhadap rumah agar tetap dalam kondisi baik dan bagus. Upaya penyesuaian terhadap kebutuhan yang ada saat ini sehingga perlu perencanaan renovasi rumah hemat biaya untuk mengamankan keuangan Anda.

Bisa jadi Anda memerlukan biaya renovasi rumah yang cukup banyak, terutama jika Anda tidak membuat perencaan yang baik sehingga bisa mengganggu kondisi keuangan Anda.

Ada beberapa tips renovasi rumah hemat biaya yang bisa bermanfaat ketika Anda berencana merenovasi rumah Anda.

Manfaatkan Bahan Bangunan Rumah yang Masih Bisa Digunakan

Bahan material yang diperlukan untuk membangun rumah tidak perlu Anda membeli semuanya. Manfaatkan bahan bangunan rumah yang tidak terpakai untuk menghemat biaya renovasi rumah Anda. Poles ulang material yang terlihat kurang menarik.

Penggunaan material lama juga mempersingkat waktu pengerjaan. Karena Anda atau tukang renovasi Anda tidak perlu repot-repot mencari dan berbelanja ke toko material. Hal ini diterapkan oleh teman desainer saya, Mas Arga, saat merenovasi rumah salah satu kliennya. Anda bisa lihat contohnya di sini.

Jasa Bangun Rumah Yang Direkomendasikan

Jangan sungkan bertanya kepada saudara, teman, tetangga yang pernah atau sedang menggunakan jasa tukang bangunan. Atau ketika saat Anda dalam perjalanan melihat pekerjaan pembangunan atau renovasi rumah, temui pemilik rumah dan bertanyalah.

Terkadang tukang bangunan asal daerah tertentu secara umum memiliki karakter dan etos kerja yang lebih bagus dibandingkan daerah lainnya. Tidak jarang juga mereka memberikan tips supaya dalam renovasi rumah bisa menghemat biaya.

Begitu pula dalam merencanakan renovasi rumah Anda. Nasehat dari konsultan seperti desainer dan arsitek akan sangat membantu Anda.

Memang, Anda akan mengeluakan biaya lagi, akan tetapi hal itu akan sebanding dengan hasil akhirnya nanti. Dan… tujuan Anda dalam menghemat biaya renovasi rumah bisa tercapai.

Menentukan Bahan Bangunan Yang Akan Digunakan

Seringnya material bahan bangunan berpengaruh terhadap hasil renovasi. Bahan material bangunan yang murah terkadang menyebabkan biaya yang besar di kemudian hari.

Anda perlu survei atau bisa bertanya kepada tukang renovasi rumah Anda.

Toko bahan bangunan sering menjual material kualitas bagus dengan harga murah karena barang retur. Seperti keramik yang tidak genap 1 dus bisa dijual jauh di bawah harga normal. Tinggal sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Kebutuhan Renovasi

Sebelum memutuskan renovasi, tentunya Anda sudah menginventaris kebutuhan Anda dan keluarga. Apakah renovasi sebagian atau renovasi total, prioritaskan pada kebutuhan utama Anda.

Saat dana Anda terbatas dan kebutuhan utama sudah terpenuhi, pernik – pernik lainnya bisa menyusul. Sehingga target anggaran Anda dalam merenovasi rumah tetap bisa menghemat biaya.

Perhatikan Agenda Pekerjaan Renovasi

Harga material bahan bangunan sering terpengaruh dengan kondisi – kondisi tertentu yang menyebabkan ekonomi tidak stabil yang mengakibatkan biaya renovasi rumah membengkak.

Di satu sisi, ada saat – saat yang menguntungkan Anda. Misalnya, pada saat akhir tahun banyak toko bahan material bangunan memberikan diskon untuk mengejar tutup buku keuangan mereka.

Disiplin Terhadap Rencana Anggaran Biaya Bangunan

Ketika renovasi berjalan, sekilas tampak rumput tetangga lebih hijau… padahal sintetis,hehe. Sebaiknya anda tetap fokus pada rencana anggaran biaya rumah Anda dan pengeluaran yang tidak terduga.

Pada kondisi tertentu, renovasi bisa lebih sulit dibandingkan dengan membangun rumah mulai dari awal. Terkadang fisik bangunan yang akan direnovasi memerlukan perhatian lebih dan waktu pengerjaan yang lebih lebih lama.

Skema Pembayaran

Jika Anda telah memiliki rencana renovasi yang jelas, terlebih lagi mempunyai rencana anggaran biaya bangunan dan desain renovasi rumah, Anda bisa memilih jasa bangun rumah borongan. Anda sudah mempunyai patokan biayanya.

Tetapi jika rencana disusun sambil renovasi berjalan, lebih baik menggunakan jasa tukang bangunan harian. Pada saat tertentu, Anda perlu berhenti untuk rehat atau evaluasi target Anda.

Belanja Bahan Bangunan Rumah Sendiri

Berbelanja material sendiri akan menyita banyak waktu Anda, tetapi akan menghemat biaya renovasi rumah dan hal ini akan menjadi pengalaman tersendiri.

Bertanyalah kepada orang – orang, terutama kepada tukang renovasi rumah. Mintalah rekomendasi toko material bahan bangunan rumah. Marketing material bahan bangunan akan terbuka menjawab semua pertanyaan Anda.

Demikianlah tips renovasi rumah hemat biaya, semoga bermanfaat dalam perancangan biaya renovasi rumah Anda.

galerigriya.com. not just offering, but choosing the best investment

Administrator
1 Comments
  • Binary Options
    04/06/2019

    Beberapa tips yang telah disampaikan di atas diharapkan dapat menjadi solusi bagi yang pusing bukan kepalang memikirkan anggaran dalam renovasi rumah. Jangan biarkan rumah semakin rusak saat harus segera renovasi. Jika kita menjalankan tahapan proses renovasi dengan tepat, mulai dari pembuatan budget, mencari sumber dana sampai dengan eksekusi renovasi yang hemat maka hasil yang Anda dapatkan juga akan maksimal dari sisi waktu, tenaga, biaya, dan hasil yang terlihat bagus.

    Reply to Binary Options" aria-label='Reply to Binary Options'>Reply

Leave your comment

Please enter comment.
Please enter your name.
Please enter your email address.
Please enter a valid email address.